Pedoman Teknis Sanimas IDB 2018

Telah terbit Buku Pedoman Teknis Sanimas IDB Tahun 2018 menggantikan Petunjuk Teknis Sanimas IDB lama yang dirilis tahun 2017 kemarin. Pedoman Teknis Sanimas IDB 2018 terdiri dari :

  • Pedoman Teknis Pelaksanaan¬†
  • Lampiran Pedoman Teknis Pelaksanaan
  • Buku 1 – Pengadaan Barang dan Jasa
  • Buku 2 – Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan
  • Buku 3 – Pembangunan Infrastruktur
  • Buku 4 – Operasi dan Pemeliharaan
  • Buku 5 – Implementasi Kesetaraan Gender
  • Buku 6 – Petunjuk Teknis Kegiatan Audit Gender

Silakan download buku-buku tersebut diatas pada halaman “Download” di website ini atau klik Pedoman Teknis Sanimas IDB 2018.

Tulisan ini dipublikasikan di Sanimas IDB dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Pedoman Teknis Sanimas IDB 2018

  1. Fransiskus Buto Hewen berkata:

    Salam …
    Saya Fransiskus Buto Hewen….dari Lembata NTT. Kami menerima program sanimas pd tahun 2017 Dengan lokasi , Lingkungan wangatoa Selatan,Kelurahan Selandoro,Kecamatan Nubatukan, Kab. Lembata. dengan alokasi dana Rp.400.000.000,-. saya termasuk mendandatangani dokumen sebagai Pengawas. Namun sampai selesaisai program saya tidak difasilitasi untuk mengetahui Tupoksi saya dalam Pelaksanaan Program. Saya mau melaporkan bahwa program ini hadir ditempat kami sekarang menuai masalah., karena Tangki IPAL berada ditengah-tengah pemukiman warga. Setelah selasai dibangun masyarakat terdampak ( yang mengcium aroma tidak sedap) mengamuk karena terganggu dengan aroma WC. masalah sempat selesai ketika pengelola dan pemanfaat menyambung pipa pembuangan sekitar 20 an meter, namun tidak lama masyarakat disebelah mulai mengamuk dan akhirnya pipa pembuangan dicor bulat kembali. Situasi sekarang air merembes melalui didinding pada bak pembuangan akhir. dan ini menjadi masalah baru karena tergenang dan menimbulkan banyak nyamuk, dan juga airnya mengalir sampai di jalan…… saya sebagai masyarakat sangat menyayangkan hal ini, saya mohon admin yang terhormat untuk bisa memberikan masukan untuk kami yang ada diLembata…..kami tidak mengenal perogram ini secdara jelas karena kurang dan minimnya sosialisasi dari fasilitor. kami tidak disosialisasikan tentang dampak dari bangunan ini, dan kami juga tidak mengerti mengapa daerah kami dibangun IPAL. Kami hanya tahu kata IPAL tapi kepanjangannya apa, isi perutnya apa kami tidak mengerti. semoga kami diberikan pemahaman melalui media ini …makasi….salam dari Lembata…….Aku Indonesia,Aku Pancasila,Aku Lembata.

    • admin berkata:

      Terima kasih komentarnya. Menilik besaran dana yang 400 juta berarti program tersebut bukan Sanimas IDB tetapi Sanimas Reguler atau Sanimas DAK Kab/Kota. Masing-masing berbeda pengelolanya. Untuk itu akan kami teruskan ke pengelola Sanimas Pusat.

  2. MASUD SYAFII berkata:

    SELAMAT MALAM YANG TERHORMAT…
    SAYA ADA BEBERAPA KENDALA MENGENAI TATACARA PENDIRIAN DAN PEMBUATAN AKTA NOTARIS BERKAITAN DGN DAK 2018 DAN SANIMAS IDB 2018.
    PADA PENAGJUAN PENDAFTARAN AKTA PERKUMPULAN PEMANFAAT DAN PEMELIHARA DIRTOLAK DENGAN ALASAN:
    1. AKTA PERKUMPULAN BELUM DI DAFRTARKAN DIKESBANGPOL KABUPATEN.
    2. NAMA PERKUMPULAN TIDAK SESUAI DENGAN JUKNIS SANIMAS IDB 2018.

    PERTANYAAN SAYA…
    1. BAGAIMANA CARA MENDAFTRAKAN PERKUPULAN KE BAGIAN KESBANGPOL KABUPATEN?
    2. BAGAIMANA KAH NAMA YG SESUAI DENGAN JUKNIS SANIMAS IDB 2018?

    ATAS PERHATIAN SERTA JAWABANYA SAYA HATURKAN TERIMA KASIH

    • admin berkata:

      Untuk lebih jelasnya bapak bisa berkonsultasi dengan Satker PIP di Dinas PU/Perkim atau TAMK Kab/Kota domisili bapak. Kalau untuk Sanimas IDB regional Aceh dan Sumut alamat kantor TAMK bisa dilihat pada halaman “Kontak Kami”.
      Namun bisa juga bapak berkonsultasi langsung dengan Notaris setempat karena biasanya Notaris lebih memahami aturan pendirian PBH. Nanti oleh Notaris akan dijelaskan persyaratan-persyaratan yang diperlukan. Untuk mendaftarkan di Kesbangpol kab harus sudah memeiliki akte Notaris PBH dahulu.
      Denikian semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *