Pembekalan KKN Tematik Infrastruktur di USU

Hari sabtu tanggal 14 Juli 2018 bertempat di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara di Medan berlangsung pembekalan kepada mahasiswa/wi yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur Kementerian PUPR. Pembekalan KKN Tematik ini diikuti oleh lebih dari 120 mahasiswa/wi dari berbagai fakultas dengan berbagai disiplin ilmu yang nantinya akan terjun ke masyarakat selama 35 hari. Materi pembekalan berupa penjelasan program kegiatan dari Kementerian PUPR, yaitu dari Biro Komunikasi Publik PUPR, Dirjen Bina Konstruksi, Ditjen Bina Marga, Ditjen Pembiayaan Perumahan, Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Cipta Karya, dan Sekretariat PUG PUPR. Khusus dari Ditjen Cipta Karya diwakili dari Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) yang menjelaskan tentang program Sanimas dan TPS3R yang disampaikan oleh Ir. Idee Sasongko sebagai Team Leader RPMC 1 Sanimas IDB. 

Dalam paparannya, Idee Sasongko menjelaskan tentang Gerakan Nasional 100-0-100, sebagai indikator utama RPJMN 2015-2019 yaitu 100% yaitu 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak. Idee lebih khusus memaparkan prinsip, jenis kegiatan dan lokasi program Sanimas dan TPS3R di Provinsi Sumatera Utara. Disampaikan juga peluang-peluang keterlibatan mahasiswa KKN Tematik dalam program Sanimas IDB dan TPS3R, yaitu :

Kampanye PHBS

  • Buang sampah pada tempatnya
  • Pemilahan Sampah dari Sumber
  • Tidak BAB(K)S

Dalam bentuk pembuatan media promosi/kampanye seperti poster, cerita bergambar, dll. Fakultas yang bisa terlibat : Kedokteran, Kedokteran Gigi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, dll

Lembaga Pengelola (KSM/KPP)

  • Penguatan KSM/KPP Berbadan Hukum
  • Pengelolaan Keuangan

Fakultas yang bisa terlibat : Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Politik, dll

Operasional dan Pemeliharaan

  • SOP (Standar Operasional Prosedur)
  • Perawatan Peralatan Mesin
  • Pembersihan dan Perawatan Greastrap, Bak Kontrol, Manhole dan IPAL
  • Pembuatan RAB Pemeliharaan

Fakultas yang bisa terlibat : Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi dan Bisnis, dll

Peningkatan Kualitas Hasil Pengolahan

  • Pupuk Kompos, Pupuk Cair, Bahan Daur Ulang, Pemeriksaan Effluent
  • Tanaman Hidroponik

Fakultas yang bisa terlibat : Pertanian, Peternakan, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, dll

Pengembangan Layanan

  • Tambahan SR
  • Tambahan Pengangkutan

Fakultas yang bisa terlibat : Kedokteran, Kedokteran Gigi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, dll

Strategi Bisnis

  • Penjualan Hasil Olahan (Pupuk Kompos, Pupuk Cair, Bahan Daur Ulang)
  • Kemitraan (buatkan Jejaring Bisnis)
  • Pembuatan Proposal yang baik

Fakultas yang bisa terlibat : Pertanian, Peternakan, Ekonomi dan Bisnis, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ilmu Sosial dan Politik, dll

KKN Tematik Infrastruktur ini sendiri merupakan program Kementerian PUPR yang diikuti oleh mahasiswa dari 22 perguruan tinggi di Indonesia. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat melihat langsung dan mendapatkan pemahaman mengenai infrastruktur dasar yang dibangun Kementerian PUPR seperti air minum perdesaan, sanitasi perdesaan, irigasi kecil dan jembatan gantung.

Dengan memahami manfaat langsung infrastruktur bagi masyarakat, mahasiswa diharapkan dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan infrastruktur dasar. “Kami  mengucapkan terima kasih kepada 22 perguruan tinggi yang bekerja sama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama generasi muda dalam membangun infrastruktur,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti dalam sambutannya saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Kerja Sama Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur, (5/7/2018) di Jakarta.

Sementara Sekretaris Ditjen Cipta Karya Rina Agustin selaku Ketua Pelaksana KKN Tematik Infrastruktur dalam laporannya mengatakan, tujuan dari kegiatan KKN Tematik Infrastruktur adalah mensinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan keterlibatan mahasiswa melalui program KKN yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. “Program ini sudah terlaksana sejak 2014 dan di tahun 2018 ini kami lakukan kerja sama dengan 22 Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Untuk mensukseskan program tersebut, dilaksanakan sosialisasi mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia kepada perwakilan perguruan tinggi. “Agenda hari ini adalah pemaparan program secara panel, lalu esok hari (6/7) akan dilanjutkan penandatangan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama KKN tematik infrastruktur antara Kementerian PUPR dengan Perguruan Tinggi,” tambahnya.

Acara sosialisasi dihadiri oleh para pimpinan perguruan tinggi, Kepala Pusat Studi Gender dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dari perguruan tinggi yang menjadi mitra yakni Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Khairun, Universitas Negeri Papua, Universitas Trunojoyo, Universitas Negeri Semarang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Palangka Raya, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Riau, Universitas Jambi, UIN Sultan Thaha Saifuddin, Universitas Bangka Belitung, Universitas Bengkulu, Universitas Syiah Kuala, UIN Sumatera Utara, Universitas Cendrawasih, Universitas Maritim Raja Ali Haji, UIN Ar-raniry, dan Universitas Negeri Manado.

Jika ada perguruan tinggi yang berminat untuk terlibat dalam program KKN Tematik Infrastruktur PUPR ini, silahkan kunjungi website Ditjen Cipta Karya di ciptakarya.pu.go.id/setditjen/kkntematik pillih menu MONEV KEMITRAAN klik PEMINATAN ONLINE

sumber : https://www.pu.go.id/berita/view/15870/kementerian-pupr-ajak-mahasiswa-peduli-infrastruktur-lewat-kkn-tematik

Tulisan ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *