Peningkatan Kapasitas Senior TFL dan TFL Sanimas IsDB RPMC 1 Tahun 2019

Bertempat di LePolonia Hotel & Convention Jln. Jendral Sudirman No. 15-18, Medan Polonia, Medan, Sumatera Utara pada tanggal 14 sampai dengan 16 Agustus 2019 berlangsung kegiatan Peningkatan Kapasitas Senior Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan TFL Program Sanimas Islamic Development Bank (Sanimas IsDB) Region 1 Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Peningkatan Kapasitas ini diikuti oleh 14 Senior TFL dan 143 TFL dari 8 kab/kota di Aceh dan 6 kab/kota di Sumut yaitu Kab Aceh Selatan, Kab ACeh Tenggara, Kab ACeh Besar, Kab Pidie, Kab ACeh Tamiang, Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, dan Kota Langsa di Provinsi Aceh serta Kab Karo, Kab Deli Serdang, Kota Medan, Kota Pematangsiantar, Kota Binjai dan Kota Tebing Tinggi di Provinsi Sumut.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ir. Prasetyo, M.Eng didampingi PPK Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Bpk. Iqbal Perkasa dan Kepala Central Project Management Unit (CPMU) Ibu Erly Nurmeida Silalahi. Selama 3 hari peserta akan dilatih oleh para Pemandu dari Satker IBM Pusat, CPMU, Tenaga Ahli NPMC dan RPMC 1. Hari pertama peserta belajar dalam kelas pleno, hari kedua dibagi menjadi 4 kelas dan hari ketiga kembali ke kelas pleno. Ada 8 materi utama yang disampaikan oleh Pemandu kepada para peserta, yaitu :

  1. Program Sanimas IsDB  download
  2. Refleksi Tahapan Penyiapan dan Perencanaan Masyarakat  download
  3. Tahapan Pelaksanaan Konstruksi   download
  4. Proses Penyaluran Dana Bantuan dan LPJ   download
  5. Pengadaan Barang dan Jasa   download
  6. Operasional dan Pemeliharaan   download
  7. Peran dan Fungsi Kelembagaan Masyarakat   download
  8. RKTL

Dari 143 TFL hampir 30% adalah TFL rekrutmen baru tahun 2019 yang baru dimobilisasi pada bulan Juni (Aceh) dan bulan Juli (Sumut). Karena peserta campuran antara TFL lama dan TFL baru maka metode pembelajaran dibuat agar bisa mengakomodir pengalaman TFL lama dan pembelajaran baru bagi TFL baru. Materi disampaikan dengan metode ceramah, diskusi kelompok, tugas praktek, dan simulasi.

Tulisan ini dipublikasikan di Sanimas IDB. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *