Peningkatan Kapasitas TFL Sanimas IDB Region I

Peningkatan Kapasitas bagi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program Sanimas IDB Region I Provinsi Aceh dan Sumut Tahun 2018 dilaksanakan di Hotel Polonia di Kota Medan ppada tanggal 1 – 7 Juli 2018. Peningkatan Kapasitas (PK) ini bagian dari seleksi calon TFL setelah mereka lolos tahap seleksi administratif, psikotest dan FGD sebelumnya. Dari 209 calon TFL yang diundang mengikuti PK TFL, 205 menyatakan hadir dan sampai dengan pembukaan PK tercatat 195 peserta yang melakukan registrasi. Calon-calon TFL ini berasal dari 8 kab/kota di Provinsi Aceh dan 6 kab/kota di Provinsi Sumatera Utara.

Pembukaan PK TFL oleh Kepala CPMU Bpk. Komang Raka M pada hari minggu sore ditandai dengan penyematan ID Card kepada perwakilan 2 peserta dari Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Acara pembukaan dilanjutkan dengan paparan tentang Pedoman Teknis Sanimas IDB 2018 yang baru oleh Kepala CPMU langsung. Dalam paparannya pak Komang menekankan akan sikap TFL yang diharapkan oleh program, yaitu TFL yang MILITAN sebagai pejuang sanitasi di masyarakat.

PK TFL dilaksanakan selama 7 hari efektif dimana terbagi dalam 3 hari pleno, 3 hari kelas umum dan 1 hari kelas per bidang. Pelatih/Pemandu dari unsur Satker PLPBM Pusat, CPMU, Praktisi Sanitasi, NPMC, RPMC dan TAMK terpilih. Kelas Pleno dilaksanakan pada Hari Ke 1, 2 dan 7, sementara Kelas Umum pada Hari Ke 3, 4 dan 6, sedangkan Kelas Per Bidang dilaksanakan pada Hari Ke 5. Kelas Pleno Hari Ke 2 sehari penuh difasiitatori oleh Lembaga Psikologi TERAPAN dari Kota Semarang dengan materi utama Refleksi Kefasilitatoran. Sesi ini diisi dengan penajaman melalui inagurasi bagaimana sikap seorang Fasilitator seharusnya. Motto STMJ, yaitu Semangat, Totalitas, Mandiri dan Jujur digelorakan dalam sesi ini. 

Penutupan PK TFL Sanimas IDB Region I dilaksanakan pada hari jumat malam diawali dengan penyampaian kesan dan pesan oleh perwakilan peserta yaitu Sdr. Afia Darma dari Kota Langsa Prov Aceh dan Sdri Lestari Harahap dari Kab Karo Prov Sumatera Utara. Dalam kesan dan pesannya mereka berdua merasa pelatihan ini menyenangkan, mendapat ilmu baru, suasana yang akrab dan para pemandu yang sangat membantu.  Penutupan secara resmi ditandai dengan pelepasan ID Card perwakilan peserta oleh Wakil Kepala CPMU Ibu Niti Suhaeniti. Dalam pengarahannya sebelum menutup resmi PK TFL Region I, Bu Niti menegaskan kembali fungsi, sikap dasar dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang Fasilitator. Pada akhir pengarahannya Bu Niti menutup dengan mengetuk hati para calon TFL bahwa sesungguhnya mereka adalah Insan yang HEBAT karena turut membangun bangsa ini, Insan MULIA karena membantu masyarakat miskin dari tidak berdaya menjadi berdaya, dan Insan BERUNTUNG karena diberi kesempatan bekerja sebagai TFL Sanimas IDB…..

Secara umum materi yang diberikan kepada calon TFL sebagai berikut :

Tulisan ini dipublikasikan di Sanimas IDB. Tandai permalink.

3 Balasan ke Peningkatan Kapasitas TFL Sanimas IDB Region I

  1. Tina Situmorang berkata:

    Mantap👌, kreatifitas untuk mendukung program.
    Artikel yang bagus sbg bagian dari publikasi kegiatan Sanimas IDB., khususnya untuk region Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.
    Sukses terus untuk teman-teman RPMC I, kita bergerak bersama-sama, setiap personil pasti memiliki peran untuk mendukung pencapaian universal akses di tahun 2019.
    Semoga dari kegiatan PK selama 7 hari yang lalu bisa membantu kita untuk memilih fasilitator yang lebih baik👌
    #SalamSTMJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *