Pembinaan Teknis Petugas E-Monitoring

Mengikuti perkembangan teknologi yang sarat akan kepraktisan dan efisiensi, Kementerian PUPR khususnya Dirjen Cipta Karya beralih melakukan pendataan program pembangunan yang semula manual menjadi berbasis e-monitoring. Sistem tersebut dibuat agar progres pembangunan di seluruh provinsi di Indonesia dapat diketahui secara cepat, serta mendorong adanya transparansi program Kementerian PUPR. Sistem e-monitoring  akan memudahkan pemantauan hasil pembangunan yang ada di lapangan yang dikelola oleh para Satker di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam rangka mengoptimalkan kinerja petugas e-monitoring khususnya di lingkungan proyek Ditjen Cipta Karya, maka Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang melalui Bidang Perencanan dan Pengendalian (Randal) menyelenggarakan Pembinaan Teknis Petugas E-Monitoring kab/kota se provinsi Sumatera Utara. Enam lokasi Sanimas IDB termasuk yang diundang, yaitu Kab Karo, Deli Serdang, Kota Medan, Binjai, Tebing Tinggi dan Pematangsiantar. Peserta bimtek adalah Kepala Satker dan Petugas E-Monitoring. Bimtek dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 Juli 2018 bertempat di Hotel Grand Antares Medan. Hadir dari Sanimas IDB para Kasatker, Petugas E-mon, TA Finance RPMC 1, dan para TAMK.

Selama 3 hari peserta mendapatkan materi antara lain: Pengenalan dan penginstalan aplikasi e-monitoring, Pemahaman Informasi dan Penginputan Data (RKAKL, Paket Pekerjaan, Rencana Keuangan, Fisik dan Tenaga Kerja, Pelaporan Padat Karya, dll). Secara khusus dalam Bimtek ini diajarkan cara pengisian Laporan Padat Karya yang menjadi perhatian Kementerian PUPR.

Tulisan ini dipublikasikan di Sanimas IDB dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *